Senin, 26 September 2011

8 Kategori Kecerdasan Manusia


Kecerdasan Linguistik
Kemampuan menggunakan kata secara efektif
Lisan maupun tertulis. Meliputi juga kemampuan memanipulasi tata bahasa, bunyi bahasa makna sehingga peka terhadap kata kalimat, sususnan, huruf, dan mampu menyusunnya dengan baik dan indah.

Kecerdasan matematis logis
Kemampuan menggunakan angka dengan baik, melakukan penalaran dengan benar, kepekaan pada pola dan hubungan antar hal, fungsi logis dan abstraksi lain. Proses yang digunakan dalam kecerdasan ini antara lain kategorisasi (pengelompokan sesuatu), klasifikasi (pemisahan), pengambilan kesimpulan, generalisasi, penghitungan dan pengujian hipotesis. Cocok buat kamu yang suka hitung-menghitung agak rumit dan senang dengan permainan angka.

Kecerdasan Spasial
Kemampuan mempersepsikan dunia spasial-visual secara akurat, mentranformasikannya. Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap warna, garis, bentuk, ruang, dan hubungan antar unsur itu, kemampuan membayangkan sesuatu, mempersentasikan ide secara visual, mengorientasikan diri secara tepat dalam matriks spasial. Kamu suka menyesatkan diri saat jalan -jalan dan suka petualangan, tapi kamu selalu menemukan jalan. Inilah kecerdasasn kamu.

Kecerrdasan Kinestesis-jasmani
Kemampuan menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide atau perasaan, keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau mengubah sesuatu , kelenturan kekuatan, akan  berhubungkan hal yang berkaitan dengan sentuhan. Kalau kamu suka bikin pernak pernik, atau suka menghafalkan rumus fisika sambil senam, inilah kamu!

Kecerdasan Musikal
Kemampuan menangani bentuk-bentuk musikal dengan cara mempersepsikan, membedakan, mengubah kepekaan pada nada, irama, melodi. Bisa dengan cepat menghafal lagu dan menggunakan musik untuk menghafal pelajaran, inilah kamu!

Kecerdasan Interpersonal
Kemampuan mempersepsikan dan membedakan suasana hati, makssud, motivasi, dan perasaan orang lain. Kepekaan terhadap ekspresi wajah, reka suara, kemampuan menaggapi secara efektif tanda-tanda tersebut dan mempengaruhi kelompok orang untuk melakukan tindakan tertentu. Nah kalu kamu masuk dalam kategori ini, bisa jadi kamu adalah tempat curhat yang baik.

Kecerdasan intrapersonal
Kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak berdasarkan pemahaman ttersebut. Kepekaan terhadap memahami diri sendiri, kesadaran atas suasana hati, keinginan, kemampuan berdisiplin diri, memahami, menghargai diri. Seperti seniman gitu. Biasanya orang tipe ini cenderung perfeksionis.

Kecerdasan Naturalis
Keahlian mengenali dan mengkategorikan spesies di lingkungan sekitar, kepekaan terhadap fenomena alam, kemampuan membedakan benda tak hidup.

Sumber: Lupa hi :-D
tidak ada maksud buruk hanya ingin berbagi informasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar